Tuesday, November 20, 2018

KONTRAKAN KITA


KONTRAKAN KITA Sebanyak 4 orang mahasiswa asing Indonesia harus dipindahkan dari rumah kontrakan mereka di Dar El Salam, Cairo, pasca lebaran kemarin, pasalnya pemilik rumah mempunyai masalah dengan rumah barunya di kawasan yang lain, sehingga mengharuskan ia dan keluarga kembali kerumah miliknya yang sedang ditempati oleh 4 orang masisir ini, padahal masa kontrakannya belum sampai setahun.

KONTRAKAN KITA
Kontrakan; Ilustrasi
Rumah yang sangat sederhana ini teretak di lantai 4 jalan Ahmad Salem no.21 Helwan Zira’I, Dar El Salam, cairo. Bentuknya kecil dan bangunannya sedikit terlihat lebih tua dan kumuh dari bangunan-bangunan yang ada di sekelilingnya. Akan tetapi keadaan di dalam rumah sangatlah berbeda dengan pemandangan dari luar, lebih cocok dikatakan sebagai tatanan rumah kecil yang mewah, setengah dindingnya dilapisi gips biru bercorak mesir dan selebihnya dicat warna putih, di rumah inilah 4 Masisir Indonesia tinggal dan berjuang berkutat dengan muqarrar-muqarrar kuliah siang dan malam selama menempuh pendidikannya di Universitas Al-Azhar.

Lokasi kediaman mereka sangatlah strategis, pasar yang dekat, mesjid yang terletak di dasar imarah dan juga dekat dengan mahattah metro, hanya dengan berjalan kaki saja mereka bisa langsung ke Stasiun Metro, untuk selanjutnya menaiki Metro jikalau mereka kuliah sehari-harinya. Pantas saja harga sewa mencapai 500 Le perbulannya, harga yang mahal untuk kawasan Dar El Salam ini.

Rumah ini mulai mereka tempati kira-kira bulan 7 yang lalu, untuk sebuah rumah mungil ini mereka harus menempuh ijraat yang amat merepotkan dengan pemilik rumah, mulai dari urusan kependudukan dengan mabahits setempat dan lain sebagainya, pasalnya rumah tersebut adalah rumah warisan keluarga yang sebenarnya tidak disewakan, namun karena selama ini pemilik rumah tidak menggunakannya maka rumah inipun disewakan daripada kosong.

Akhirnya rumah ini mereka tempati dengan masa sewa 1 tahun sesuai dengan perjanjian masa waktu yang tertera dalam Aqad, terhitung dari bulan 7 tahun 2008 sampai bulan 7 tahun 2009, masa yang sangat singkat untuk keseharian seorang pelajar Azhar seperti mereka itu, padahal pada awalnya mereka menginginkan masa Aqad-nya ditambah, karena mengingat lamanya masa studi mereka di Cairo dan juga lokasi rumah yang sangat menguntungkan, namun pemilik rumah tidak mengizinkan mengingat rumah itu adalah rumah warisan.

Akan tetapi, Akhir Ramadhan kemarin pemilik rumah mengunjungi mereka dan memberitahukan bahwa mereka akan di-relokasi-kan ketempat yang baru dengan pemilik rumah yang sama, suatu berita yang mengejutkan bagi mereka, betapa tidak, pasalnya hal semacam ini telah melanggar kesepakatan perjanjian sewa kontrakan selama setahun, padahal mereka baru menempati rumah tersebut kurang dari dua bulan.


Pemilik rumah sangat memaklumi hal ini adalah hal yang tidak fear bagi sebuah perjanjian. Dan sangat merugikan pihak penyewa. Namun Ia tidak punya pilihan lain, karena rumah yang Ia tempati selama ini ternyata sangat bermasalah, masalah yang paling besar adalah sumber air bersih yang tidak memadai. alasan yang lain adalah mengingat prasarana pendidikan sekolah anaknya yang sangat minim di daerah tempat tinggalnya. Oleh karena itu ia bermaksud menyekolahkan Anaknya di Dar El Salam dan tinggal di sana juga.

Mengenai masalah kelangsungan Aqad, pemilik rumah menawarkan sebuah Rumah baru lain yang terletak tidak jauh dari rumah yang masisir tempati sekarang, namun rumah yang ditawarkannya tidak direspon baik oleh masisir, pasalnya calon rumah yang akan mereka tempati nanti, letaknya sangat jauh dengan stasiun metro dan menyulitkan mereka untuk kuliah sehari harinya.

Akhirnya, mereka memilih untuk memutuskan Aqad saja, dan tidak melanjutkan lagi kontrak rumah dengan pemilik tadi, karena mereka sangat kecewa dengan sikap pemilik rumah walau dengan alasan apapun, tepat Tanggal 4 syawal 1429 H, mereka meninggalkan rumah tersebut dan mencari kontrakan yang lain

Oleh : Furqan Ar-Rasyid
*diajukan sebagai PR sekolah menulis SINAI mesir > tapi ngga lewat.. haha

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel