Friday, November 23, 2018

PENGALAMAN DAN TIPS MENGHAFAL QURAN

(SHARE) PENGALAMAN DAN TIPS MENGHAFAL QURAN

 
Pengalaman Dan Tips Menghafal Quran
Aku ingin menjadi hafiz. Foto:http://santaisaja.net

Pengalaman Dan Tips Menghafal Quran


------- E D I S I C H A T ---------

Wslm, alhmdulillah kabar baek. Kakak pa kbar?

Mmm… ana juga gak trlalu tau, alnya msi blajar..

Tapi, ana coba jawab deh..

Yang paling penting dari segalanya adalah niat, pasang niat yang benar2 ikhlas karena Allah ta’ala.

Hati haruslah selalu bersih dan terjaga dari maksiat.karena, menjaga hafalan yang sudah ada itu lebih susah dari pada memulai hafalan baru.

Soal tehnik menghafal, usahakan untuk tidak gonta ganti mushaf. Dan lebih baik memakai mushaf pojok.. kakak tau mushaf pojok tu yang mana?

Menghafal tak perlu bnyak2 dulu, seberapa sanggup.. misalnya Cuma sanggup 1 halaman dalam 1 hari, ya 1 halaman saja, kalau kira2 sudah sanggup tuk lebih bnyak, tambah lagi.. yang penting istiqamah dan tidak terlalau memaksa. Dan ingat, godaan berupa kemalasan itu bisa dating kapan saja lho.. hehhe

Sebelum menghafal, baca dulu ayat yang di tuju samapai benar2 lancar.. lebih baik lagi kalau tau makna dan tafsirannya. Itu sangat membantu kita dalam memngingat hafalan2. Apa lagi surat2 yang di dalamnya bnyak kisah2 cerita, seperti albqarah.

Kata orang yang sudah mencoba, menghafal per-rubu’ itu lebih mudah tuk mengingat. Dan bagusnya mulai dari atas trus ke bawah { dari baqarah trus selanjutnya} supaya berurut dan teratur.

Tentang limit waktu dan target, tergantung individu. ada yang ngambil program 4 bulan, ada yg 6 bulan, 1 tahaun, 2 tahaun, bahkan ada juga yang 6 tahun.seperti yang ana bilang tadi, yang di utamakan adalah ke istiqamahan.  Coba kakak bagi waktu dalam menghafal. Kapan waktunya menghafal dan kapan waktunya mengulang hafalan.

Kebanyakan orang , ba’da shubuh dan ba’da magrib di gunakan tuk mengahfal. Dan ba’da zuhur dan ba’da ashar tuk muraja’ah ( mengulang) hafalan.lebih baik, ada teman atau patner  tmpat kita menyetor hafalan.. karena kita terkadang tak tau dimana kletak kesalahan kita, jika ada yang mendengar, ada yang mengoreksi.  Karena menurut riwayat, rasulullah juga talaqqi al-qur’an pada malaikat jibril.

Untuk menjaga hafalan, seperti ana bilang tdi, hati dan pandangan harus bersih. Niat harus ikhlas.karena yang kita hafal adalah kalam suci ilahi.” Al ‘ilmu nuurun, wanuurullhi la yuhda lil’aashi..”

Trus semangat dan istiqamah kakak! Sedikit tapi istiqamah lebih baik dari pada bnyak tapi hnya sebentar dan kemudian hilang d telan zaman.

Afwan ni, ana Cuma mencoba menjawab,

Coba Tanya pada yang lebih paham  dari ana, atau baca artikel2 yang ada di internet tentang tehnik menghafal alqur’an.


Trus semangat!! Semoga Allah melapangkan kakak untuk ilmu2 nya..:) wallahu ‘a’lam!!



---------------------
Sumber: chattingan teman yang sedang berjuang PDKT seorang hafizah wkwkww

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel