Friday, November 23, 2018

9 HAL YANG HARUS DIPAHAMI SEBELUM RUQYAH


9 hal yang harus dipahami sebelum Ruqyah
Persiapan sebelum ruqyah

9 hal yang harus dipahami sebelum Ruqyah



Terapi ruqyah merupakan terapi yang bersumber dari Islam. Ruqyah adalah terapi dengan bacaan Al Quran yang bertujuan untuk menangkal gangguan jin terhadap manusia. Bacaan Al Quran adalah obat dan akan memberikan kesembuhan dengan izin Allah.


Dalam menerapkan ruqyah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terkait dengan pasien. Pasien akibat kerasukan jin harus memenuhi syarat dan memiliki sifat-sifat tertentu untuk memudahkan serta membantu tindakan terapi dengan Al Quran.


Berikut ini adalah syarat dan sifat pasien ruqyah:

  1. Bertobat kepada Allah dan memperbanyak istighfar serta dzikir.

  1. Menyandarkan semua urusan kepada Allah, tawakkal ‘alallaah.

  1. Yakin dengan sepenuh hati terhadap Allah dan obat yang Allah turunkan berupa Al Quran.

  1. Bersabar terhadap penyakit yang diderita. Tidaklah semua hal terjadi melainkan atas izin Allah. Tidak berkeluh kesah dan memperbanyak berdo’a.

  1. Setelah Allah sembuhkan dari gangguan jin maka haruslah pasien tersebut meneguhkan iman dan ketaqwaan. Menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

  1. Khusus bagi wanita, hendaknya istiqomah mengenakan jilbab syar’i. Berhias berlebihan bukan di depan suami dan mempertontonkan lekuk tubuh adalah celah lebar bagi setan untuk kembali lagi. Ketika terapi pun harus menjaga agar aurot tetap terjaga agar tidak tersingkap karena reaksi jin.

  1. Pasien dan terapist hendaknya tidak melakukan terapi berduaan. Harus ada pendamping yaitu mahrom sehingga tidak terjadi fitnah yang mana setan akan sangat berperan.

  1. Selama terapi dan setelah terapi disudahi, hendaknya thilawah Al Quran tetaplah harus dirutinkan agar selalu terbentengi.

  1. Memperbanyak do’a kepada Allah agar Allah pun ridho. Perbanyak sholawat kepada Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam.

disadur dari; Salim, Sya’ban Ahmad (2012). Ensiklopedi Pengobatan Islam, Hal. 99-100. Pustaka Arafah: Solo




---------------------
Article Source: https://senyumperawat.com

Image Source: http://nettik.net

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel