Seiring dengan kemajuan zaman
dan teknologi saat ini kendaraan bermotor memenuhi jalan. Sehigga menyebabkan
kemacetan hampir di semua kota Pulau Jawa. Hal ini di pengaruhi oleh kebutuhan
transportasi yang mobile, selain harganya yang relatif murah daripada mobil.
Dengan kemajuan teknolgi mesin motor yang semakin maju, saat ini sepeda motor
juga kuat untuk perjalanan lintas propinsi. Ambil contoh saja orang perantauan
di Jakarta pulang kampung sebagian besar mengunakan sepeda motor. Namun
terkadang seseorang lalai memperhatikan
motor karena kesibukan akan kegiatan masing-masing orang. Bagi Anda yang
memiliki sepeda motor maka meluangkanlah sedikit waktu Anda untuk merawatnya,
agar biaya perawatan yang lebih tinggi terhindarkan.
Jika ingin motor milik Anda
lebih awet mesinnya sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya banyak untuk
perawatan, berikut tips merawatnya.
Jika membeli sepeda motor baru
Jangan digunakan untuk membawa
beban terlebih dahulu minimal sampai 500 KM, ini penting karena olie masih
lebih cepat bercampur dengan serpihan logam akibat gesekan komponen mesin.
Cobalah untuk menjalankan sepeda motor pada kecepatan yang stabil dari
pelan-pelan sampai kecepatan maksimal agar mesin tahan untuk jangka panjang. Manfaatkanlah
perawatan gratis yang di berikan oleh dealer diman Anda membeli sepeda motor.
Umumnya diberikan gratis servis dan
ganti olie 3 kali jalan. Pertama pada KM 500, kedua pada KM 1000 dan ketiga
pada KM 2000. Itu bukan hanya sebagai bonus, namun untuk menjaga usia mesin
untuk jangka panjang. Belum tentu motor baru tidak memiliki kesalahan sama
sekali dalam perakitannya, maka diperlukan pengecekan segera setelah 500 KM
pemakaian pertama, untuk mengetahui kemungkinan adanya kesalahan.
Tips:Khusus sepeda motor
bermesin 4 langkah,tuangkan sedikit olie kedalam lobang knalpot.Hal ini agar
knalpot orisinil motor anda lebih awet karena tidak mudah keropos.
Perawatan berkala (tune up)
Tune up perlu dilakukan untuk
mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen yang tergores(aus). Sehingga
setelan mesin bisa berubah akibat keausan yang terjadi pada beberapa komponen
mesin tertentu. Untuk itu harus dilakukan penyetelan ulang dengan tune up ke
bengkel resmi. Debu debu dan kotoran yang terhisap oleh karburator dan
mengendap akan mempengaruhi kinerja mesin,dan akan sekaligus dibersihkan saat
tuneup.
Mengenai kapan waktu ideal
untuk tuneup, lakukanlah setiap 2 bulan sekali atau bila kilometer sudah 2000
KM perjalanan. Namun jika anda merasa bahwa sepeda motor Anda tidak terasa
nyaman seperti biasa, maka lakukan lah tune up kebengkel resmi.
Penggantian Oli
Standard kekentalan olie yang
dipakai kendaraan adalah SAE (Society of Automotive Engineer). Namun,
kebanyakan olie yang dijual sudah memenuhi standard untuk iklim di Indonesia.
Jadi Anda sudah tidak perlu khawatir mendapatkan standard olie yang salah untuk
motor A nda.Yang perlu diperhatikan adalah kapan saat mengganti olie yang
tepat.Hal ini biasanya sudah disertakan keterangan pada bungkus olie yang Anda
beli. Mengganti olie melebihi batas kilometer pemakaian bisa berakibat tidak
baik bagi motor. Olie yang telah melewati batas akan mengencer dan tidak sesuai
lagi. Maka gantilaholi setiap kilometer menunjkan 2000 KM perjalanan atau pada
saat Anda melakuan perawatan berkala.
Tips: Disiplin mengganti olie
motor dengan berpatokan pada batas kilometer pemakaian olie ,akan membuat motor
anda selalu prima.
Pemakaian motor
Jangan menggeber-gember gas
motor anda atau melakukan tarikan gas spontan. Hal ini akan mempercepat keausan
pada rantai mesin,katup bahan bakar,kopling,piston dan stang piston.Terutama
jika motor anda memakai teknologi mesin 4 langkah.Mesin 4 langkah lebih rumit
pada sistem bahan bakarnya,dan inilah yang sering bermasalah. Jika motor anda
memakai gigi manual,pergunakan pemakaian gigi sesuai dengan kecepatan motor.
Jika jalanan menanjak, motor butuh tenaga lebih besar maka kurangi gigi dengan
yang lebih sesuai. Jika motor baru start berjalan jangan langsung menggunakan
gigi 4,tapi mulailah dari gigi 1.Hal ini berpengaruh pada stang
piston,piston,kopling dan rantai mesin (4 langkah).
Tips : Terapkan Tradisi
pemanasan mesin motor terlebih dulu sebelum dipakai, jika motor telah nganggur
selama 8 Jam atau lebih. Motor yang telah lama didiemin maka olie akan turun
kembali dari bagian bagian sempit dan mengumpul di bak olie.Pemanasan mesin ini
agar olie kembali lagi mengaliri kedalam bagian bagian mesin yang perlu
dilumasi.Terutama untuk jenis mesin motor 4 langkah,karena jenis mesin ini
hanya mengandalkan olie mesin saja.
Catatan:Memanaskan mesin jangan
terlalu lama,cukup 5 menit saja.Hal ini nggak baik buat mesin yang berpendingin
udara.Karena jika mesin hidup lama dan motor tidak berjalan, maka mesin tidak
akan mendapat pendinginan yang baik.
Kebersihan
Biar rangka motor lebih
awet,rajin rajinlah mencuci motor anda agar tidak cepat berkarat dan
keropos.Apalagi jika habis dipakai hujan hujanan.
Dengan melaksanakan beberapa tips diatas, semoga motor anda bisa
menjadi lebih awet dan tetap prima.Dan yang terpenting,harga jual kembali akan
tetap tinggi jika ingin ganti motor yang baru.
Sumber: Kompasiana
Tulisan ini hanya sebagai sample di blog baru ini, nanti akan
dihapus
No comments:
Post a Comment