Thursday, November 15, 2018

10 Cara mudah membasmi hama tanaman


CARA MEMBASMI HAMA TANAMAN
Cara Membasmi Hama Tanaman 

CARA MEMBASMI HAMA TANAMAN - Tukang kebun mempunyai sejuta kisah dengan hama tanaman semisal ulat bulu.  Tak jarang mereka memamah tanaman dalam jumlah besar. Beberapa spesies Ulat bulu bahkan sanggup menghabiskan dedaunan tanaman hanya dalam satu malam. 

Menggunakan pestisida memang dianggap menjadi solusi, akan tetapi menimbulkan efek buruk lainnya, seperti membunuh hama-hama kecil yang sebenarnya dibutuhkan oleh tumbuhan itu sendiri, seperti cacing tanah atau tawon. Selain itu, daun dan batang tumbuhan yang menyerap kimia pestisida tentu dapat menimbulkan efek kepada manusia itu sendiri. 




Sebenarnya kita bisa menyingkirkan hama tanaman tanpa perlu menggunakan bahan kimia; yaitu dengan metode pengendalian hama organik. Hal yang perlu anda lakukan adalah patroli di malam hari dengan membawa sebuah ember yang berisi air sabun. Kelilingi kebun anda di malam hari lalu temukan hama ulat atau siput, jatuhkan dia ke dalam ember air sabun tadi. Dengan cara ini tentu anda tidak perlu menggunakan kimia yang berefek pada matinya hama yang diperlukan tumbuhan seperti cacing tanah, kepik dan lain-lain. Selain itu juga untuk menghindari serapan kimia dalam tumbuhan atau sayuran yang akan anda konsumsi nantinya. 

Cara lainnya adalah dengan mengundang binatang pemburu hama itu sendiri, seperti melepaskan burung atau serangga pemangsa ke kebun anda. Burung atau serangga ini bertugas memburu hama-hama tadi, akan tetapi yang perlu diingat jangan sampai membahayakan tanaman atau sayuran anda. 

Cara yang terakhir adalah cara yang lazim digunakan petani pada umumnya, mereka membungkus batang tanaman atau sayuran itu dengan plastik, kebiasaaanya siput akan bersembunyi di sekitar plastik itu dan tentu memudahkan kita untuk memungutnya satu persatu. 

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel